Bermotor merupakan hobi saya, dengan bermotorsa dapat melepaskan kepenatan yang adadalamhidup saya. Oleh karena itu agar hobi saya dapat terus berjalan, maka saya harus merawat motor saya dengan baik. Pada postingan kali ini, saya akan berbagi tentang cara melakukan perawatan motor.
Perawatan Rantai
Masalah yang sering terjadi pada rantai yaitu:
Untuk menghindari hal tersebut, maka lakukanlah pemeriksaan berkala setiap 1000 km.Cara untuk menghindari masalah tersebutaitu lumasi selalu rantai roda dengan pelumas khusus rantai atau menggunakan oli SAE 90.
Perawatan Aki
Aki merupakan salah satu sumber tenaga yang digunakan pada motor. Fungsi aki yaitu memudahkan untuk menghidupkan mesin serta mengatur waktu pengapian. Untuk menjaga agar aki dapat berfungsi dengan baik,maka perhatikan agar cairan airaki tetap berada antara garis permukaan atas dengan garis permukaan bawah. Permukaan air aki dapat diperiksa dengan cara:
NB :
Perawatan Busi
Jika kita mengabaikan perawatan busi, maka mesin motor akan sukar dihidupkan karena sumber tenaga yang dimiliki mesin motor berkurang. Hal ini terjadi karena adanya penimbunan arang di dalam kepala busi yang menghalangi percikan bunga api dan mengakibatkan gangguan pembakaran. Agar penimbunan arang ini tidak terjadi, maka busi harus dibersihkan secara berkala dan disetel jarak celah busi-nya.
NB :
Perawatan Kanvas Rem
Ciri-ciri kampas rem yang sudah tidak berfungsi dengan baik adalah :
Perawatan Oli Mesin
Tujuan dari perawatan oli mesin yaitu agar mesin sepeda motor tidak cepat mengalami kerusakan atau keausan. Tips untuk melakukan pengecekan oli mesin yaitu:
Perawatan Selang Bensin
Perhatikan kondisi selang bensin ke karburator, jangan biarkan kondisi selang bensin mengeras atau retak, karena pada bagian dalam selang bias menjadi tidak elastic yang dapat mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa kembali ke karburator. Jika hal ini terjadi, maka dapat terjadi suplai bensin tersumbat dari tangki bensin ke karburator sehingga mengganggu system pembakaran.
Kondisi Tekanan Angin Ban
Perhatikan kondisi tekanan angin ban agar tidak terlalu berlebihan atau kurang. Jika hal itu terjadi, maka akan mengakibatkan grip atau kembang dari ban motor akan menjadi rusak.
Pemanasan mesin
Sebelum menggunakan motor, sebaiknya mesin dipanaskan terlebih dahulu selama kurang lebih 2 menit. Hal ini berfungsi agar sirkulasi oli dapat melumasi seluruh bagian komponen mesin yang bergerak. Dalam memanaskan mesin, usahakan jangan terlalu lama karena akan menyebabkan knalpot motor menguning.
0 comments:
Post a Comment