Sunday, January 10, 2010

Bagaimana Cara Merawat Motor


Bermotor merupakan hobi saya, dengan bermotorsa dapat melepaskan kepenatan yang adadalamhidup saya. Oleh karena itu agar hobi saya dapat terus berjalan, maka saya harus merawat motor saya dengan baik. Pada postingan kali ini, saya akan berbagi tentang cara melakukan perawatan motor.


Perawatan Rantai

Masalah yang sering terjadi pada rantai yaitu:

  • Pin kendor atau terlepas
  • Mata rantai rusak
  • Mata rantai macet atau oblak
  • Melampaui batas pemakaian atau aus
  • Setelan rantai tidak tepat.

Untuk menghindari hal tersebut, maka lakukanlah pemeriksaan berkala setiap 1000 km.Cara untuk menghindari masalah tersebutaitu lumasi selalu rantai roda dengan pelumas khusus rantai atau menggunakan oli SAE 90.


Perawatan Aki

Aki merupakan salah satu sumber tenaga yang digunakan pada motor. Fungsi aki yaitu memudahkan untuk menghidupkan mesin serta mengatur waktu pengapian. Untuk menjaga agar aki dapat berfungsi dengan baik,maka perhatikan agar cairan airaki tetap berada antara garis permukaan atas dengan garis permukaan bawah. Permukaan air aki dapat diperiksa dengan cara:

  • Membuka tempat duduk
  • Melepaskan tali pengikat
  • Melepaskan baut pengikat aki
  • Mengangkat aki
  • Melihat permukaan air aki

NB :

  • Jangan sekali-kali menggunakan air biasa pada saat menambahkan air aki
  • Jangan sekali-kali menggunakan accu-zuur pada saat menambahkan air aki
  • Hati-hati jangan membengkokkan, merusak atau merubah jalannya saluran udara dari aki
  • Jangan sampai salah melakukan penyambungan kabel aki. Kabel warna merah disambung ke terminal positif(+), sedangkan kabel warna putih disambungkan ke terminal negative (-)
  • Jika aki sudah lemah dan motor tidak mampu di hidupkan atau distater, janganlah mencoba untuk dipaksakan dengan cara mendorong sepeda motor anda untuk menghidupkannya. Karena hal tersebut dapat berakibat pada rusaknya gigi transmisi motor.


Perawatan Busi

Jika kita mengabaikan perawatan busi, maka mesin motor akan sukar dihidupkan karena sumber tenaga yang dimiliki mesin motor berkurang. Hal ini terjadi karena adanya penimbunan arang di dalam kepala busi yang menghalangi percikan bunga api dan mengakibatkan gangguan pembakaran. Agar penimbunan arang ini tidak terjadi, maka busi harus dibersihkan secara berkala dan disetel jarak celah busi-nya.

NB :

  • Periksalah kondisi pembakaran busi, jika tidak normal maka ganti sesuai dengan spesifikasinya.
  • Kencangkan busi dalam kepala silinder dengan sesuai dengan kekencangan yang telah ditentukan.
  • Untuk melepas tutup busi dengan kabel busi dilakukan dengan memutar berlawanan arah jarum jam.
  • Untuk mengencangkan tutup busi dengan kabel busi dilakukan dengan memutar searah jarum jam.

Perawatan Kanvas Rem

Ciri-ciri kampas rem yang sudah tidak berfungsi dengan baik adalah :

  • Berbunyi mendecit ketika dipakai mengerem.
  • Apabila petunjuk di arm brake lever saat direm sudah lurus dengan tanda segitiga di panel rem belakang.

Perawatan Oli Mesin

Tujuan dari perawatan oli mesin yaitu agar mesin sepeda motor tidak cepat mengalami kerusakan atau keausan. Tips untuk melakukan pengecekan oli mesin yaitu:

  • Parkirkan sepeda motor dengan menggunakan main stand(standar tengah) di tempat yang datar
  • Diamkan kurang lebih 10 menit
  • Buka stick oli(gauge oli level)
  • Bersihkan ujung gauge oli level
  • Masukkan kembali stick oli tersebut, sekedar mencelupkan tidak untuk mengencangkan. Lalu cabut kembali stick oli dan perhatikan pada ujung stick oli tersebut bagian yang tercelup ke oli mesin (NB : Kondisi kapasitas oli mesin yang normal harus berada diantara garis lower dan upper)

Perawatan Selang Bensin

Perhatikan kondisi selang bensin ke karburator, jangan biarkan kondisi selang bensin mengeras atau retak, karena pada bagian dalam selang bias menjadi tidak elastic yang dapat mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa kembali ke karburator. Jika hal ini terjadi, maka dapat terjadi suplai bensin tersumbat dari tangki bensin ke karburator sehingga mengganggu system pembakaran.

Kondisi Tekanan Angin Ban

Perhatikan kondisi tekanan angin ban agar tidak terlalu berlebihan atau kurang. Jika hal itu terjadi, maka akan mengakibatkan grip atau kembang dari ban motor akan menjadi rusak.

Pemanasan mesin

Sebelum menggunakan motor, sebaiknya mesin dipanaskan terlebih dahulu selama kurang lebih 2 menit. Hal ini berfungsi agar sirkulasi oli dapat melumasi seluruh bagian komponen mesin yang bergerak. Dalam memanaskan mesin, usahakan jangan terlalu lama karena akan menyebabkan knalpot motor menguning.




0 comments:

Post a Comment